Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa, 08 Juli 2008

KETERAMPILAN MEMOTIVASI YANG HARUS DIMILIKI PELATIH ATAU INSTRUKTUR BELADIRI

Psikologi

KETERAMPILAN MEMOTIVASI YANG HARUS DIMILIKI PELATIH ATAU INSTRUKTUR BELADIRI

Sebagai seorang pelatih atau instruktur dalam seni beladiri tentunya berkewajiban untuk memotivasi anak didiknya agar mencapai suatu target yang telah ditetapkan, baik itu dalam seni beladiri kompetisi atau prestasi agar tampil maksimal dalam arena pertandingan maupun dalam seni beladiri nonkompetisi supaya mencapai target tertentu.

Makna dari memotivasi itu sendiri berarti memberi dengan mempengaruhi suatu alasan (motive), kata motive artinya sesuatu kekuatan batin, dorongan hati, ataupun kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu tindakan dengan cara tertentu. Jadi, memotivasi orang erat hubungannya dengan sesuatu yang ada di dalam dirinya yang menyebabkan ia melakukan suatu tindakan.

Perlu diketahui bahwa memotivasi harus digerakkan dari dalam diri individu itu sendiri, bila dari luar sifatnya hanya sementara. Bila diibaratkan mendorong sebuah mobil tanpa diisi bensin, mobil itu bergerak tetapi bila kita berhenti mendorong mobil itu berhenti, lain halnya bila mobil itu telah diisi bensin maka setelah didorong mobil bisa bergerak dan terus melaju.

Begitu pula bila kita memotivasi seorang murid maka seorang pelatih atau instruktur tentunya harus memberi bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai dengan cabang seni beladiri yang ditekuninya dengan sungguh-sungguh.

Seorang pelatih untuk memulai memotivasi seorang murid tentunya harus bisa memotivasi dirinya sendiri, pelatih tidak mungkin bisa memotivasi orang lain bila dirinya sendiri tidak termotivasi.

Di sini saya memberikan saran-saran untuk memotivasi murid yang kita latih atau kita bina, langkah-langkahnya antara lain :

 

v     Berkomunikasi dengan jelas

Mencoba menerangkan apa yang ingin dicapai dalam latihan dengan komunikasi sesederhana dan sejelas mungkin sesuai dengan kemampuan anda.

v     Tetaplah pada suatu tujuan

Menetapkan tujuan atau target yang akan dicapai dalam berlatih dan murid biasanya mudah termotivasi bila melihat semangat dari pelatih atau instrukturnya itu sendiri, jadi untuk memotivasi tunjukan kepada mereka ketetapan hati anda.

v     Menghargai murid

Berilah pujian pada murid anda secara terbuka, hasilnya orang yang kita puji akan berlatih lebih giat.

v     Ciptakan persaingan sehat

Secara alamiah setiap manusia memiliki semangat untuk bersaing. Hal ini juga yang menciptakan motivasi yang positif, di tempat latihan beladiri kita coba dengan mengadakan latih tanding sesama murid untuk menciptakan persaingan yang sehat.

v     Berikan mereka sedikit demi sedikit

Tidak baik seorang murid diberikan teknik atau informasi yang terlalu banyak dan terlalu cepat. Hal ini justru akan membebani mereka, ciptakan keinginan dalam diri mereka untuk mencoba teknik yang baru, lalu biarkan mereka mempraktekkannya. Dengan cara ini, mereka akan lebih mudah mengingat teknik yang diberikan.

v     Pereratlah hubunga-hubungan pribadi

Kita akan lebih memotivasi murid-murid yang akrab dengan kita, biarlah mereka mengenal diri anda lebih jauh dan pelajari lebih banyak diri mereka.

v     Biarkan mereka merasakan hasil dan imbalannya

Murid akan merasakan hasil latihan dan perkembangan serta kemajuan dirinya selama mereka berlatih suatu seni beladiri berdasarkan hasil yang dicapai dan dirasa manfaatnya.

v     Percayalah pada mereka

Setiap murid tentunya senang merasa dirinya penting, mereka ingin merasa dibutuhkan oleh orang lain, salah satu cara memotivasi mereka yaitu membiarkan mereka tahu bahwa anda percaya pada mereka, biarkan mereka tahu bahwa anda peduli.

 

Tentunya gagasan di atas sifatnya mendasar dan merupakan kecakapan dasar yang harus dimiliki pelatih atau instruktur seni beladiri dalam memotivasi muridnya. Sesuai dengan namanya seni beladiri, seninya tentu tidak semua murid bisa dimotivasi dengan cara yang sama.

Demikian saran-saran untuk para pelatih dan instruktur beladiri dalam memotivasi murid-murid dalam berlatih, semoga bermanfaat.

Jika anda mempunyai problem atau permasalahan mengenai beladiri dan lain-lain yang berhubungan anda dapat mengajukannya ke redaksi majalah Duel.

Tidak ada komentar: