Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa, 08 Juli 2008

Populasi Orangutan menurun 10-14 persen

SENIN, 7 JULI 2008 | 12:31 WIB
JAKARTA, SENIN - Hasil survei terbaru menunjukkan, populasi orangutan menurun tajam dalam empat tahun terakhir. Perubahan lingkungan yang drastis di Pulau Sumatera dan Kalimantan menjadi penyebabnya.  

Populasi orangutan di Sumatera turun 14 persen, sementara di Kalimantan mencapai 10 persen. Di Pulau Sumatera, populasinya turun dari 7.500 ekor menjadi 6.600 ekor, dan di Kalimantan dari 54.000 ekor menjadi 49.600 ekor.
"Tanpa usaha ekstra secepatnya mereka akan menjadi spesies kera besar pertama yang akan punah," ujar Serge Wich, ilmuwan dari Great Ape Trust yang berpusat di Iowa. Wich dan 15 rekannya melaporkan hasil survei yang paling komprehensif sejauh ini terhadap populasi orangutan itu dalam jurnal Oryx edisi terbaru.

Menurutnya, temuan ini mengecewakan karena upaya konservasi selama 30 tahun terakhir ternyata masih belum cukup untuk melestarikan orangutan. Penurunan tersebut disebabkan pembalakan liar dan ekspansi kebun sawit yang tidak terkendali di Sumatera dan Kalimantan.

Apalagi, Indonesia dan Malaysia sebagai negara pengekspor sawit terbesar di dunia masih gencar-gencarnya memperbesar lahan sawit. Selain untuk minyak goreng, permintaan minyak sawit untuk biofuel sebagai bahan bakar alternatif terus meningkat.

Meski demikian, Wich mengatakan, masih ada celah optimisme untuk menjaga kelangsungan hidup orangutan, terutama dukungan dari pemerintah setempat. Presiden SBY menyatakan upaya konservasi orangutan lintas negara pada konferensi iklim di Bali. Pemerinta Nanggroe Aceh Darussalam juga mencanangkan moratorium pembalakan hutan.

Dari temuan ini, Wich merekomendasikan perlunya kebijakan politik yang kuat untuk menekan pembalakan hutan yang menjadi habitat orangutan dan mencegah perdagangan satwa langka tersebut. Kepedulian masyarakat lokal untuk menjaga hutan juga tidak kalah penting. Jika hal tersebut tidak konsisten dilakukan bukan tidak mungkin orangutan punah pada 2011 sesuai perkiraan Center of Orangutan Protection.


WAH 
Sumber : AP
http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/07/12311239/populasi.orangutan.menurun.10-14.persen

Tidak ada komentar: